Industri Farmasi merupakan perusahaan yang memiliki peluang tumbuh besar dalam mengembangkan obat dan mengalami persaingan yang kompetitif antar perusahaan. Persaingan obat OTC berangekaragam yang dihadapi setiap perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat menggunakan bauran pemasaran dengan elemen 4P (produk, tempat, harga dan promosi) yang dapat meningkatkan efektivitas penjualan. Artikel ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan efektivitas penjualan obat OTC di perusahaan farmasi di berbagai daerah yang diteliti sejak tahun 2018-2022. Pencarian artikel yang dilakukan menggunakan database Garuda dan Google Scholar dengan kata kunci “bauran pemasaran obat OTC” dan “efektivitas penjualan” dengan pendekatan kualitatif. Didapatkan delapan artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Delapan artikel yang direview, meliputi penelitian di berbagai daerah seperti Cikarang, Bandung, Semarang dan Jakarta. Strategi bauran pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan yaitu menggunakan strategi promosi. Aktivitas promosi yang dilakukan perusahaan yaitu mulai dari pengiklanan melalui sosial media dan browsur atau pamflet, serta pemberian potongan harga. Strategi promosi yang dilakukan perusahaan memberikan pengaruh paling besar untuk meningkatkan efektivitas obat OTC karena strategi tersebut menjadi peluang dan mempermudah pelanggan untuk mengetahui obat yang dijual oleh perusahaan
Copyrights © 2024