Majalah Farmaseutik
Vol 20, No 2 (2024)

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Pasien Hipertensi di Apotek di Yogyakarta

Supadmi, Woro (Unknown)
Sary, Mega Indah (Unknown)
Gailea, Astrimulyana (Unknown)
Monica, Lia (Unknown)
Saputri, Ginanjar Zukhruf (Unknown)
Hastuti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Jumlah penderita hipertensi tahun 2021 di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 251.100 kasus. Jumlah pasien yang sudah mendapat pelayanan kesehatan 129.420 kasus (51,5%). Pengetahuan tentang obat hipertensi dapat berpengaruh terhadap kepatuhan penggunaan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pada pasien hipertensi di Apotek di Yogyakarta. Rancangan penelitian ini adalah cross-sectional dengan pengambilan data secara prospektif pada Maret-April 2023. Jumlah sampel di tentukan dengan rumus Lameshow. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Pengumpulan data meliputi karakteristik pasien, data penggunaan obat, pengetahuan menggunakan kuesioner dan kepatuhan kuesioner MARS. Data dianalisis secara univariat dan biavariat untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan kepatuhan. Hasil penelitian yang dilakukan dengan 200 pasien didapatkan hasil tingkat pengetahuan tinggi 68,0% dan kepatuhan patuh 80,0%. Hasil uji menggunakan uji chi-square dan kolerasi Spearman diperoleh p-value<0,05, koefisien kolerasi 1,000. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan sangat kuat antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan pasien hipertensi di Apotek di Yogyakarta. Terdapat hubungan sangat kuat antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan terapi pada pasien hipertensi di Apotek di Yogyakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

majalahfarmaseutik

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Majalah Farmaseutic accepts submission concerning in particular fields such as pharmaceutics, pharmaceutical biology, pharmaceutical chemistry, pharmacology, and social ...