Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor dan strategi penyelesaian kredit bermasalah di PT. Mandiri Utama Finance, Cabang Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara kepada informan kunci. Analisi data yang di gunakan pada penelitian ini antara lain (1) data reduction; (2) data display; dan (3) conclusion drawing/verifying. Hasil dari penelitian ini adalah faktor internal terdiri dari kesalahan analisis data debitur oleh marketing dan adanya hubungan kekeluargaan dengan orang dalam perusahaan. Faktor eksternal terdiri dari penurunan pendapatan debitur dan karakter debitur yang buruk. Strategi yang dilakukan jika terjadi kredit bermasalah di PT. MUF Denpasar adalah melakukan negosisasi agar debitur memberikan jaminan dari kredit dengan baik untuk melunasi hutang pokok dan bunga. Jika upaya negosiasi gagal maka akan di tempuh jalur hukum. Adapun saran dari penelitian ini adalah agar PT. MUF dapat memilih karyawan yang memiliki integritas dan kejujura yang baik serta karyawan diharapkan selalu mengedepankan profesionalitas dalam pekerjaannya.
Copyrights © 2024