SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA)
Vol 8 No 1 (2024): Supermat : Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV

Marissa, Erlinda Isulis (Unknown)
Mariani, Scolastika (Unknown)
Agoestanto, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan penting untuk menavigasi kompleksitas kehidupan abad ke-21. Kemampuan tersebut dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah secara rasional dan sistematis. Namun, kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditemukan masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tes kemampuan berpikir kritis matematis dan pedoman wawancara adalah instrumen yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa kelas VIII suatu SMP di Kabupaten Majalengka dijadikan sebagai subjek penelitian. Tiga siswa dipilih untuk menjadi perwakilan dari setiap bidang kemampuan berpikir kritis untuk diperiksa dan diwawancarai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi mampu memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kritis matematis: interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Siswa berkemampuan berpikir kritis sedang, mampu memahami soal dengan baik pada indikator interpretasi dan mampu membuat model matematika dengan benar namun belum bisa menerapkan strategi yang tepat sehingga tidak mampu menyelesaikan masalah secara akurat dan benar serta tidak membuat kesimpulan yang diperlukan. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat rendah tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu tidak mampu menuliskan dengan benar apa yang ditanyakan dan apa yang diketahui pada indikator interpretasi, tidak membuat model matematika dengan tepat pada indikator analisis dan tidak menyelesaikan model perhitungan matematis pada indikator evaluasi dan jawaban yang ditemukan juga tidak tepat serta mengambil kesimpulan yang salah pada indikator inferensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal SUPERMAT akan menerbitkan naskah-naskah artikel ilmiah dalam cakupan bidang Pendidikan Matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...