PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023,  yang bertujuan upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah  dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi matriks dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika bagi siswa kelas XI MIPA 1 Semester 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2022/2023. Pada akhir pembelajaran terdapat perubahan positif pada peserta didik mengenai pemahaman materi matriks. Dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw ternyata mampu meningkatkan hasil belajar mataematika materi matriks. Peningkatan  nilai rata- rata  yaitu 52,6 pada kondisi awal menjadi 66,5 pada siklus I dan menjadi 71,3 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 13,9% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 4,8% dari siklus I.nilai rata-rata meningkat secara keseluruhan sebesar 18,7. Sedangkan  ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, yaitu 40,9% pada pra siklus menjadi 27,3% pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 68,2%. Secara keseluruhan. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran jigsaw, dan matriks.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023