Penelitian ini latarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik ialah pengalaman pesta didik yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi terkhususnya di sekolah dasar ialah rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik dapat dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajarankooperatif yang mengharapkan siswa untuk aktif dan membangkitkan semangat sehingga dapat saling mendukung dan membantu dalam menguasai materi pembelajaran yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitiannya menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan dimana mencari data melalui internet atau elektronikatau media cetak seperti Google scholar, buku, jurnal, artikel, dll. Analisis yang digunakan dalam penelitianini adalah pemeriksaan informasi atau data, yang meliputi pertukaran pemikiran secara mendaam tentang data yang telah ditulis dalam media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah dapat lebih mengembangkan pengalaman dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sains di kelas sekolah dasar
Copyrights © 2023