MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 2 (2023)

Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di MI/SD

Arigethi, Vinda Putri (Unknown)
Sari, Irma Yunita (Unknown)
Prayogo, Muhammad Suwignyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini latarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik ialah pengalaman pesta didik yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi terkhususnya di sekolah dasar ialah rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik dapat dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajarankooperatif yang mengharapkan siswa untuk aktif dan membangkitkan semangat sehingga dapat saling mendukung dan membantu dalam menguasai materi pembelajaran yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitiannya menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan dimana mencari data melalui internet atau elektronikatau media cetak seperti Google scholar, buku, jurnal, artikel, dll. Analisis yang digunakan dalam penelitianini adalah pemeriksaan informasi atau data, yang meliputi pertukaran pemikiran secara mendaam tentang data yang telah ditulis dalam media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah dapat lebih mengembangkan pengalaman dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sains di kelas sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...