Pemasaran digital sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi perusahaan menengah dan besar serta usaha mikro dan kecil. Kebutuhan pemasaran melalui media digital tidak lepas dari dampak perkembangan teknologi dan konektivitas serta perubahan pola transaksi masyarakat yang kini mengalami digitalisasi. Berbagai jenis platform digital di satu sisi dapat digunakan untuk memudahkan para pelaku dan aktivis ekonomi dalam memilih media yang tepat untuk memasarkan produk dan jasanya. Namun di sisi lain juga dapat menjadi tantangan bagi UMKM itu sendiri, ketika tidak semua pelaku usaha dapat memahami dan segera menggunakan platform Digital Marketing dengan tepat dan maksimal. Sosialisasi tentang keamanan bertransaksi digital ini dilakukan terhadap Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung, Kedungbanteng yang memiliki anggota dari beragam kalangan, antara lain ibu rumah tangga aktif ekonomi, pelaku UMKM konvensional, serta pengusaha home industry. Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung memiliki beberapa tantangan dalam hal transaksi melalui media digital, salah satunya adalah kepahaman dan kesadaran pentingnya keamanan transaksi digital. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi. Metode sosialisasi yang akan dilaksanakan yaitu dengan cara seminar dan pendampingan, dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya keamanan bertransaksi khususnya melalui media digital online. Diharapkan melalui sharing knowledge pada kegiatan ini, Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung dapat menyadari pentingnya menerapkan kewaspadaan dan menerapkan keamanan langkah-langkah bertransaksi digital.
Copyrights © 2023