TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra
Vol 3 No 02 (2023): SASTRA DAN BAHASA

ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM MANGA KUROKO NO BASKET “EXTRA GAME” KOUHEN KARYA FUJIMAKI TADATOSHI

Yuana, Cuk (Unknown)
Yunanta, Erman Ardhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui apa makna kalimat imperatif yang terkandung dalam manga Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen. Kedua, mendeskripsikan penanda lingual yang digunakan oleh karakter dalam manga Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen. Objek dari penelitian ini adalah sebuah komik yang berjudul Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen yang ditulis oleh seorang penulis komik, Fujimaki Tadatoshi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan metode dan teknik yang mengacu pada dokumen. Berdasarkan analisis dari 16 data dapat dikemukakan bahwa ada 3 makna kalimat imperatif yaitu fungsi perintah, fungsi permohonan, dan fungsi larangan. Oleh karena itu, dari 16 data tersebut, dikategorikan dalam 8 data memiliki fungsi perintah, 6 data memiliki fungsi permintaan, 5 data memiliki fungsi larangan. Makna suatu kalimat imperatif dapat dimengerti dari konteks dan penanda lingual yang digunakan. Oleh karena itu, pada situasi tertentu dan berdasarkan pada karakter yang dimiliki oleh penutur dapat mempengaruhi penggunaan penanda lingual dalam suatu kalimat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tanda

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra ber e-ISSN 2797-0477 ini adalah jurnal open access, peer-review dua bulanan dalam satu tahun yang diterbitkan oleh Aksiologi Surabaya. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra ini mendorong artikel asli tentang berbagai isu dalam Studi Bahasa dan ...