TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra
Vol 4 No 03 (2024): BAHASA DAN SASTRA

REPRESENTASI BENTUK-BENTUK KEPERCAYAAN SHINTO DALAM VIDEO GAME “GENSHIN IMPACT”

Sianipar, Ruth Yunita Putri (Unknown)
Poerbowati, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini meneliti bagaimana kepercayaan Shinto direpresentasikan dalam video game Genshin Impact, khususnya di Inazuma, yang terinspirasi oleh budaya Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis model interaktif untuk mengidentifikasi dan menganalisis kepercayaan Shinto dalam game. Selain itu, penelitian ini juga meneliti narasi, karakter, dan simbolisme yang terkait dengan praktik dan kepercayaan Shinto dalam game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Genshin Impact berhasil mengadaptasi bentuk keprcayaan Shinto dengan cara yang menghargai makna aslinya dan mengintegrasikannya ke dalam dunia fiksi game. Representasi ini tidak hanya meningkatkan pengalaman bermain gim, tetapi juga memiliki tujuan edukasi, memperkenalkan pemain pada tradisi dan ritual Shinto, sehingga menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya Jepang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tanda

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra ber e-ISSN 2797-0477 ini adalah jurnal open access, peer-review dua bulanan dalam satu tahun yang diterbitkan oleh Aksiologi Surabaya. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra ini mendorong artikel asli tentang berbagai isu dalam Studi Bahasa dan ...