Pembelajaran membaca untuk siswa kelas I sangatlah dibutuhkan untuk mempersiapkan pada tahap membaca lanjutan. Pembelajaran membaca hendaknya dilaksanakan dengan metode dan media yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tidak merasa terbebani dan tertekan dalam belajar membaca, salah satunya dengan menggunakan media flashcard, metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode ceramah merupakan suatu bentuk penyajian bahan pengajaran melalui penerangan dan penuturan lisan. hasil yang diperoleh pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga belum optimal, dan belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Belum berhasilnya dalam proses pembelajaran pasti akan membawa dampak kepada kemampuan membaca pada anak. Oleh karena itu dari segi proses pembelajaran perlu diadakan perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Pada pertemuan keempat melalui program media pembelajaran flashcard yang dilakukan penulis guna umtuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak sd kelas 1 sudah menunjukkan adanya peningkatan.
Copyrights © 2024