Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro
Vol. 7 No. 1 (2024): Januari 2024

MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK

Ahmadi, Mirzam Arqy (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Perbankan merupakan industri jasa yang tidak lepas dari kegiatan sehari-hari masyarakat di Indonesia, keberadaan perbankan dan kemajuannya membawa dampak positif kepada masyarakat. Fungsi dan tugas perbankan memudahkan masyarakat sebagai nasabah, banyaknya perbankan yang ada di Indonesia memberikan masyarakat kebebasan untuk memilih bank yang sesuai dengan preferensinya. Semakin banyak bank yang ada di Indonesia menimbulkan persaingan yang semakin ketat dan kompetitif, hal itu membuat bank harus mempertahankan nasabahnya. Peningkatan loyalitas nasabah menjadi salah satu kewajiban bankir di Indonesia, selain mencari nasabah baru. Dalam praktiknya meningkatkan loyalitas nasabah bank diperlukan manajemen strategi yang baik oleh organisasi atau perusahaan tersebut. Literatur ini menampilkan berartinya manajemen strategi dalam peningkatan loyalitas nasabah bank di Indonesia. Strategi yang digunakan antara lain Analisis SWOT, Strategi Menjalin Hubungan Berkelanjutan (Relationship Marketing), Strategi Customer Relationship Management (CRM), Implementasi Cross-Selling dan Strategi Corporate Social Responsibility (CSR). Implementasi strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam literatur ini dipaparkan dengan memberikan solusi dan alternatif yang kuat dalam penjualan produk serta penerapan pelayanan yang aman dan fleksibel bagi para nasabah bank.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPKN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus dan Scopus pada Jurnal ini yaitu: - Manajemen Perbankan - Manajemen Keuangan - Dan Bidang lainnya yang ...