Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa terkait pencegahan patologi birokrasi dengan melakukan reformasi administrasi pelayanan publik pada Desa Sukamakmur. Birokrasi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut bergerak cepat dan tepat sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal. Akan tetapi penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih dihadapkan pada sistem yang belum efektif dan efisien. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Teknik tersebut digunakan peneliti, karena suatu fenomena itu akan dimengerti maknanya secara baik, apabila peneliti melakukan interaksi dengan subyek penelitian dimana fenomena tersebut berlangsung. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu patologi birokrasi pada Desa Sukamakmur Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang meliputi penempatan tujuan dan sasaran yang tidak tepat, kewajiban sosial sebagai beban, kondisi kerja yang kurang memadai; pekerjaan tidak kompatibel, tidak adanya indikator kinerja; dan sarana yang tidak memadai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024