Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks negosiasi pada kelas X MAS Quran Kisaran, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.Berdasarkan hasil observasi kemampuan siswa selama ini dalam menulis masih rendah, maka peneliti berharap dengan menggunakan model pembelajaran pair check, siswa di MAS Quran Kisaran mampu menulis teks negosiasi dengan baik.. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu kelas IPS dan kelas IPA dengan pengambilan sampel dengan cara total sampling. Pada kelas IPS sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 28 siswa dan pada kelas IPA sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Pair Check yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi pada kelas IPS yang dijadikan sebagai kelas kontrol memiliki skor rata-rata 70,17 dan hasil nilai kemampuan menulis teks negosiasi pada kelas IPA yang dijadikan sebagai kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 81,60. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa terhadap kemampuan menulis teks negosiasi.
Copyrights © 2024