Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan usaha Kue-mue Kole-koleh Pulau Penyengat. Usaha kue-mue kole-koleh ini bergerak dibidang industri makanan yang membuat kudapan kole-koleh modern dengan perpaduan vanilla sponge cake dan filling kole-koleh kemudian ditaburi coconut scrumble yang dalam bahasa melayu disebut tai minyak/ampas minyak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari survei lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber publikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan metode Analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk memperoleh alternatif strategi, dimana alternatif ini diperoleh dari mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal suatu usaha. Dari penggabungan faktor internal dan eksternal diperoleh hasil bahwa usaha kue-mue kole-koleh Pulau Penyengat berada dalam posisi kuadran I, dimana usaha ini dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk memperoleh peluang yang ada, dengan beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan lokasi usaha yang strategis untuk menarik minat konsumen, mempertahankan mutu dan kualitas produk, aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah serta berupaya untuk memaksimalkan promosi usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.
Copyrights © 2024