Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran digital yang interaktif dan relevan dengan budaya setempat. Program ini merancang dan mengembangkan game edukasi serta animasi pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal Pulau Balanglompoa, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan menarik bagi siswa. Pendekatan ini dirancang untuk memanfaatkan potensi teknologi dalam menjembatani kesenjangan akses pendidikan di daerah terpencil, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai lokal. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar siswa tanpa game edukasi dan animasi pembelajaran untuk 11 responden yang mengisi tes yaitu rata-rata 79,77 kemudian nilai motivasi belajar dengan penerapan game edukasi dan animasi pembelajarn berbasis kearifan lokal adalah 94,32. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai gain sebesar 0,72 yang menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada kategori tinggi. Selain itu dihasilkan lebih dari 40 media pembelajaran (game dan animasi). Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penerapan game edukasi dan animasi berbasis kearifan lokal. Media pembelajaran yang interaktif ini mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar dan membuat mereka lebih tertarik untuk mempelajari materi yang disajikan. Selain itu, guru juga merasakan kemudahan dalam menyampaikan materi pelajaran secara lebih kreatif dan menarik.
Copyrights © 2024