PARTICIPATORY
Vol 3 No 1 (2024): PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pemberdayaan Siswa SBJK dalam Peningkatan Kompetensi Membaca Melalui Seminar Gemar Membaca dan Pembukaan Mini Library Shah Alam Selangor Malaysia

Ahmadi, Mubarok (Unknown)
Fauziyah, Leny Fitriyanti (Unknown)
Azzilah, Nur Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Sanggar Bimbingan Jalan Kebun adalah sebuah sekolahan yang bergerak di bidang pendidikan. Selama ini permasalahan yang dihadapi oleh sanggar bimbingan ini adalah banyaknya siswa yang belum bisa membaca. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan membaca Salah satunya adalah siswa dapat membaca dengan lancar. Penelitian ini dilakukan dengan metode PAR (Participation Action Research) yang bertujuan membantu suatu kelompok masyaraka keluar dari permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pengelola,, diketahui bahwa Rendahnya keterampilan membaca disebabkan oleh minimnya minat baca siswa dan fasilitas sanggar yang belum maksimal. Salah satunya adalah fasilitas perpustakaan yang seharusnya dimiliki oleh setiap sanggar Karena sanggar ini berada di kantor NU. Melihat kondisi ini dengan berbagai pertimbangan, kami berinisiatif untuk mengadakan gerakan literasi sekolah yang bertajuk pada “seminar gemar membaca dan pembukaan Mini library”. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya minat baca siswa SBJK dan membuahkan tingginya kompetensi baca mereka. Kegiatan seminar ini dihadiri oleh seluruh siswa Sanggar Bimbingan Jalan Kebun yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi sekolah dengan peningkatan minat baca pada siswa sanggar bimbingan jalan kebun. Hasil dari kegiatan tersebut dapat dilihat dari antusiasme siswa Sanggar Bimbingan Jalan Kebun untuk membaca di Mini Library dan buku-buku lain. Jalan Kebun Guidance Studio is a school that operates in the field of education. So far, the problem faced by this guidance studio is that there are many students who cannot read. All educators hope that their students master reading skills. One of them is that students can read fluently. This research was conducted using the PAR (Participation Action Research) method which aims to help a community group get out of problems. Based on the results of observations and interviews with managers, it is known that the low reading skills are caused by students’ lack of interest in reading and studio facilities that are not optimal. One of them is the library facilities which every studio should have because this studio is located in the NU office. Seeing this condition with various considerations, we took the initiative to hold a school literacy movement entitled “reading hobby seminar and opening of a mini library”. With this activity, it is hoped that it can increase SBJK students’ reading interest and achieve high levels of their reading competency. This seminar activity was attended by all 38 students of Jalan Kebun Guidance Studio. Based on the research results, it is known that there is a strong and significant influence between the implementation of the school literacy movement and increasing interest in reading among students at the Garden Path guidance studio. The results of this activity can be seen from the enthusiasm of the students of Jalan Kebun Guidance Studio to read in the Mini Library and other books.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Participatory

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Participatory merupakan jurnal penelitian hasil pengabdian kepada masyarakat yang bersikan karya ilmiah hasil Riset berbasiskan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana fungsinya, Jurnal Participatory dapat dijadikan sebagai forum dan media informasi untuk: 1) mengembangkan ilmu pengetahuan ...