Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meneliti tentangbagaimana guru menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dikelas dengan maksud dapat meningkat kualitas pembelajaran yang dilakukan dikelas dan evaluasinya dilakukan melalui kegiatan supervisi kepala sekolah di kelassaat pembelajaran. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMKNegeri 1 Koto Baru selama 3 bulan yaitu mulai bulan Juli sampai dengan Oktober2023 dengan melalui tahapan-tahapan siklus. Tujuan dari penelitian tindakansekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana supervisi yang dilakukanoleh kepala sekolah yang diikuti dengan pemberian pembinaan/perlakuanterhadap guru-guru sasaran dapat meningkatkan kompetensi guru tersebut dalammenerapkan media pembelajaran di kelas. Dalam penelitian tindakan sekolah(PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbuktidapat meningkatkan kompetensi guru dengan mencapai standar ideal. Pada siklusI peningkatan kompetensi guru setelah dilakukan supervisi kelas setelah dilakukanpembinaan tentang pemanfaatan media pembelajaran baru mencapai sekitar 62, 5% pada siklus II, dapat meningkat menjadi 85.94 %. Peningkatan dari data awal ke siklus I sebesar 28. 12% dan meningkat pada siklus II menjadi 85. 94 % berarti ada peningkatan sebesar 23.44% dan dari data awal ke siklus 2 adalah 51.56% . Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa pembinaan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran pada proses pembelajarannya.
Copyrights © 2023