Laporan ini menganalisis, mengamati, dan mewawancarai pemilik LaundryKlin untuk memahami situasi dan merumuskan strategi yang tepat. LaundryKlin, sebuah MUKM laundry di Menanggal, Surabaya. Strategi yang direkomendasikan dalam laporan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi positif LaundryKlin dan meningkatkan daya saingnya di tengah persaingan yang semakin ketat. Menghadapi beberapa kendala dalam pengembangan usahanya, yaitu keterbatasan pemasaran yang hanya menggunakan brosur dan sumber daya manusia yang terbatas. Selain itu, munculnya tiga pesaing baru di area tersebut menjadi ancaman bagi keberlangsungan usaha LaundryKlin. Melakukan diversifikasi strategi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial, platform online, dan promosi kreatif. Meningkatkan brand awareness melalui berbagai upaya branding dan promosi. Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasi dan memberikan kemudahan bagi pelanggan. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, LaundryKlin diharapkan dapat memaksimalkan potensi positifnya, meningkatkan daya saingnya, dan meraih kesuksesan di masa depan. Kata Kunci: Diversifikasi pemasaran, Laundry, Meningkatkan daya saing, Pelayanan, Strategi bisnis, UMKM.
Copyrights © 2024