Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dengan materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint. Carolus Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Katolik Saint Carolus Kota Kupang, dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian dan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 Struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint Carolus Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang menunjukkan hasil posttest lebih baik dibandingkan dengan hasil pretest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didk kelas XI IPA pada materi Struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint Carolus Kota Kupang Tahun Ajaran 2023/2024
Copyrights © 2024