JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 1 (2024): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Maret 2024

Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Sirkulasi Di SMAN 2 Kupang

Victorya asisia sabina milik (Program Studi Pen Biologi,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi Exsperiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purpose sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest sebesar 52,77 dan pretest 78,61. Hasil uji anacova menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig )kelas yang didapat yaitu 0,001 oleh karena signifikan <0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JBIOEDRA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira pada tahun 2023. Jurnal ini diterbitkan sebagai sarana publikasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam ...