Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi Exsperiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purpose sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest sebesar 52,77 dan pretest 78,61. Hasil uji anacova menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig )kelas yang didapat yaitu 0,001 oleh karena signifikan <0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024