Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model discovery learning diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1Takari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (refleck). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Takari yang berjumlah 20 orang. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini terlihat dari pengukuran hasil belajar peserta didik dimana pada siklus I presentasi ketuntasan belajar hanya mencapai 85% dengan kriteria ketuntasan tinggi sementara pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kriteria ketuntasan sangat tinggi. Dari data hasil analisis menyimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi
Copyrights © 2024