Abstrak. Pelatihan literasi digital sangat penting dalam menulis artikel penelitian untuk publikasi di era digital saat ini, terutama bagi dosen muda bahasa Inggris yang mencoba mempublikasikan artikel penelitian mereka. Pelatihan ini bertujuan melatih literasi digital Dosen muda bahasa Inggris dalam menulis artikel penelitian untuk publikasi, termasuk aplikasi digital yang mereka gunakan, tujuan mereka menggunakan alat ini, dan tantangan yang mereka hadapi dalam menggunakannya. Di akhir pelatihan ini, beberapa peserta diwawancarai setelah mereka dimintai kesediaan alokasikan waktu tambahan. Hasil analisis data dari pelatihan ini menemukan bahwa dosen muda bahasa Inggris mengkonseptualisasikan literasi digital sebagai kemampuan untuk mencari dan mengevaluasi sumber online yang kredibel, menggunakan pengolah kata dan alat pengeditan digital, berkolaborasi secara online, dan menerbitkan karya mereka secara digital. Dosen muda bahasa Inggris menggunakan berbagai aplikasi digital, seperti MS Word, Grammarly, Mendeley, dan database akademik online lainnya, untuk meningkatkan proses penelitian dan penulisan mereka. Mereka menggunakan alat-alat ini untuk berbagai tujuan, seperti berkolaborasi dengan teman sebaya, meningkatkan keterampilan menulis mereka, dan menerbitkan karya mereka secara online. Namun demikian, dosen muda bahasa Inggris juga menghadapi masalah teknis, akses internet yang terbatas dan kurangnya pelatihan literasi digital. Hasil yang dapat diperoleh dari pelatihan ini menyarankan kepada institusi akademik memberikan dukungan untuk membantu dosen muda bahasa Inggris mengembangkan keterampilan literasi digital mereka, termasuk layanan dukungan teknis, layanan akses internet dan program pelatihan yang memadai. Kata kunci: Literasi digital; dosen muda bahasa Inggris; artikel penelitian; publikasi karya ilmiah.
Copyrights © 2024