Jurnal Pendidikan Non formal
Vol. 1 No. 4 (2024): June

Pengaruh Sosialisasi Mitigasi Bencana Sesar Lembang terhadap Pemahaman Risiko dan Mitigasi Bencana pada Remaja di Zona Sesar Lembang

Qolbi, Az-Zahra Aynul (Unknown)
Deviani, Cika Nania Putri (Unknown)
Aditya, Dhita (Unknown)
Sutisna , Valiza Cheryl Adhelia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Indonesia terletak di zona tektonik aktif tempat bertemunya tiga lempeng, antara lain lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik di Indonesia. Oleh karena itu, gempa bumi sering terjadi di Indonesia. Kabupaten Bandung Barat (KBB) merupakan wilayah rawan gempa tektonik akibat pergerakan sesar aktif Lembang. Menurut BMKG, Sesar Lembang dapat menimbulkan gempa bumi berkekuatan 6,8 hingga 7 magnitudo dengan periode pengulangan sekitar 170 hingga 670 tahun. Gempa bumi di Sesar Lembang juga dapat menyebabkan tanah longsor di seluruh wilayah Bandung. Dalam hal ini, sosialisasi dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi terhadap pemahaman risiko dan mitigasi bencana pada remaja di Kawasan Sesar Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penyuluhan dan data survei. Berdasarkan hasil penelitian, remaja pra-sosialisasi memiliki pemahaman sedang terhadap risiko dan mitigasi bencana di Zona Sesar Lembang, sedangkan pasca sosialisasi remaja memiliki pemahaman tinggi. Kesimpulannya sosialisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman remaja tentang risiko dan mitigasi bencana di wilayah sesar Lembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Non formal ISSN 3026-7161 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...