Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 12 No. 1 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa

Lasulika, Anisa (Unknown)
Ismail, Sumarno (Unknown)
Pauweni, Khardiyawan A.Y (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 2 Suwawa pada tahun ajaran 2022-2023 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 20 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 63,89% menjadi 83,33%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga meningkat dari 61,44% menjadi 83,33%. Untuk hasil belajar ranah afektif dilihat berdasarkan lembar penilaian sikap juga mengalami peningkatan yaitu dari 61% menjadi 81%. Selanjutnya hasil belajar ranah psikomotor dapat dilihat dari lembar penilaian keterampilan yang juga mengalami peningkatan dari 64% menjadi 81%. Adapun hasil belajar ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes tertulis juga mengalami peningkatan yaitu dari 65% menjadi 80%. Semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II melalui penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education.

Copyrights © 2024