Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 8, No 1 (2024)

PENGARUH PENAMBAHAN BOLA PEJAL PADA PEGAS CVT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR MATIC 110 CC

Sukardi, Sukardi (Unknown)
Gumelar, Muslikh Ridho Wiyan Rahmat (Unknown)
Nauri, Imam Muda (Unknown)
Mindarta, Erwin Komara (Unknown)
Ismail, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penambahan bola padat pada pegas CVT berpengaruh terhadap tenaga dan torsi sepeda motor matic 110 cc. Dalam penelitian ini variabel independen dan dependen dimasukkan dalam desain eksperimen semu dengan menggunakan strategi penelitian kuantitatif. Temuan investigasi menunjukkan bahwa terdapat sedikit variasi dalam tenaga dan torsi saat menggunakan pegas CVT konvensional dibandingkan dengan pegas CVT yang dipesan lebih dahulu. Pegas CVT yang dipesan lebih dahulu menghasilkan 7,24 HP pada 8000 rpm, dibandingkan dengan 7,07 HP dari pegas CVT normal pada putaran yang sama. Sedangkan untuk torsi tertinggi yang dihasilkan pada roda kendaraan berada pada rpm 7000 ketika menggunakan pegas cvt standard menghasilkan torsi sebesar 7.74 N.m sedangkan untuk pegas cvt custom dengan rpm yang sama menghasilkan torsi sebesar 7.78 N.m. Dengan demikian penambahan bola pejal pada pegas cvt ini tidak menghasilkan perbedaan daya dan torsi secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...