Journal of Engineering and Information Technology for Community Service
Vol 2, No 4 (2024): Volume 2, Issue 4, April 2024

Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa

Siregar, Sri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya sesuai dengan konteks penggunaanyamerupakan satu diantara materi sulit bagi mahasiswa. Data prestasi belajar materi tersebut dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan prestasi mahasiswa sangat rendah, sehingga perlu dicarikan solusinya. Untuk itu dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Fisioterapi yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuidan menganalisis efektivitas model PBL untuk meningkatkan prestasi belajarbahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisissecara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila mencapainilai rerata minimal 70 dan ketuntasan belaja klasikal minimal 85%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada siklus I nilai rerata 69,41 dengan ketuntasan klasikal78.94%. Sedangkan pada siklus II, nilai rerata sebesar 72,88 dan ketuntasanklasikal mencapai 89,47%. Penerapan model pembelajaran PBL dapatmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Fisioterapi dalam dua siklus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEIT-CS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS) is a journal published by the Faculty of Engineering and Computer Science at the Universitas Teknokrat Indonesia. The JEIT-CS Journal accommodates the publication of the results of Community Service activities carried ...