Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya sesuai dengan konteks penggunaanyamerupakan satu diantara materi sulit bagi mahasiswa. Data prestasi belajar materi tersebut dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan prestasi mahasiswa sangat rendah, sehingga perlu dicarikan solusinya. Untuk itu dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Fisioterapi yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuidan menganalisis efektivitas model PBL untuk meningkatkan prestasi belajarbahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisissecara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila mencapainilai rerata minimal 70 dan ketuntasan belaja klasikal minimal 85%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada siklus I nilai rerata 69,41 dengan ketuntasan klasikal78.94%. Sedangkan pada siklus II, nilai rerata sebesar 72,88 dan ketuntasanklasikal mencapai 89,47%. Penerapan model pembelajaran PBL dapatmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Fisioterapi dalam dua siklus.
Copyrights © 2024