Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Komunika

Studi Netnongrafi Pesan Penerimaan Diri Dalam Lagu “Tutur Batin” di Kalangan Pendengar Perempuan

Marpaung, Shintya Margaretha (Unknown)
Endang, Anis (Unknown)
Indria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

enelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Studi Netnografi Pesan Penerimaan Diri Yang Disebarkan Dalam Bentuk Lagu Di Media Youtube Dengan Judul “Tutur Batin” Karya Yura Yunita Di Kalangan Pendengar Perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang memiliki tujuan yaitu menjelaskan suatu fenomena secara terperinci dan menjawab permasalahan yang diambil oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian netnografi, yaitu sebuah pendekatan yang disebut sebagai etnografi dalam internet dengan cara melihat interaktifitas didalamnya dan melihat perilaku seseorang dari berbagai budaya dan komunitas dalam dunia maya. Netnografi adalah cara untuk melakukan penelitian antropologi melalui internet, menggunakan informasi yang tersedia secara publik di mana semua orang bebas berbagi melalui media sosial. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi non partisipan karena peneliti tidak ikut berpartisipasi didalam kehidupan penelitian, peneliti hanya mengamati pada kolom komentar di Musik Video Tutur Batin pada YouTube Yura Yunita dan Teknik Studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Penerimaan Diri Para Pendengar Perempuan setelah mendengarkan Lagu Tutur Batin adalah Mampu Menilai Diri sendiri dan mengoreksi kelemahan pribadi, sifat percaya diri dan mengasihi diri sendiri, mandiri dan berpendirian, jujur terhadap diri sendiri dan memanfaatkan kemampuan dengan bijaksana dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMUNIKA aims to encourage research in communication studies. Topics addressed within the journal include but not limited to: Political communication. Communication that employs message and political actor or related to power, government, and policy. Cross-cultural communication. Communication ...