Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2024): Agustus 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN

Muna, Yulia Nailil (Unknown)
Rahmawati, Intan (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbantu media kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan untuk mengetahui keuntungan dan kerugian dalam menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media kartu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan jenis true experimental design yakni pretes-postest control group design. Populasi penelitian ini kelas V di SD Negeri Batursari 5 Mranggen, Demak tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dengan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan eksprimen mengalami perbedaan. Dengan perhitungan uji t dua pihak polled varian diperoleh ttabel sebesar 2,005 dan thitung sebesar 4,55, jadi thitung ttabel artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran STAD berbantu media kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Keuntungan pada penggunaan model pembelajaran STAD berbantu media kartu soal yaitu siswa lebih aktif dalam berdiskusi, pembelajaran lebih menyenangkan sehingga siswa tidak cepat merasa bosan, siswa menjadi lebih terampil dalam mengerjakan soal-soal dan memecahkan masalah. Sedangkan kerugiannya yaitu membutuhkan waktu yang lama bagi siswa, keaktifan siswa yang memiliki prestasi rendah menjadi kurang, media kartu soal mudah rusak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...