Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi peserta didik menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading di kelas I SDN Sendangguwo 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Sendangguwo 02 Semarang menggunakan 8 sampel peserta didik untuk diwawancara. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil analisis penelitian dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia sudah menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading. Peserta didik antusias dalam kegiatan menyimak, membaca bersama-sama dengan nyaring, dan antusias untuk maju ke depan menuliskan di papan tulis nama-nama hewan yang ada di buku bacaan tanpa ditunjuk oleh guru. Kegiatan literasi baca tulis tahap pembelajaran membuat peserta didik mampu memahami isi buku bacaan. Disimpulkan bahwa melalui literasi menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif, interaktif, kompak dan menyenangkan. Dengan kegiatan literasi menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading dapat membangun interaksi antara guru dengan peserta didik pada kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024