Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanan, dan hambatan-hambatan yang ada pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas IV di SD N 1 Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Lokasi atau tempat penelitian ini dilakukan di SD N 1 Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV, guru kelas IV, dan kepala sekolah. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan dilaksanakannya program kurikulum merdeka berupa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas IV dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SD N 1 Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora sudah cukup baik, menunjukkan adanya rasa antusias dan semangat yang tinggi dari peserta didik. Dengan dilaksanakannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Gaya Hidup Berkelanjutan mampu menerapkan dan meningkatkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang menjadi capaian pembelajaran pada modul projek P5. Terkait proses pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tentu terdapat hambatan yang ada yaitu kurangnya perencanaan yang matang dalam menyusun modul projek P5 dan kondisi kelas yang tidak kondusif disebabkan oleh peserta didik yang kekurangan bahan utama (sampah plastik) dalam membuat karya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024