Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran montase pada tema 7 perkembangan teknologi terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Lempongsari Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk ekperimen pre-eksperimental designs (nondesigns) dengan desain one group pretest posttest design. Pretest dilakukan sebelum menggunakan perlakuan sedangkan posttest dilakukan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media montase. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik SDN Lempongsari Semarang. Sampel yang diambil adalah 26 siswa kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis hasil uji ketuntasan belajar dan uji banding nilai rata-rata pretest sebesar 60,9 dengan persentase klasikal sebesar 46%. Nilai rata-rata posttest 72,5 dengan persentase klasikal sebesar 77% kriteria ketuntasan minimum (KKM) 65. Diperoleh thitung 2,697 dan ttabel 1,675 dengan taraf signifikan 0,05 dk 26-2=24 hasil perhitungan thitung 2,697 ttabel 1,675,  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kelas III berdasarkan hasil analisis uji t yang menunjukan bahwa thitung 2,697 ttabel 1,675 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang singnifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema 7 Subtema 3.
Copyrights © 2024