Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo   2021/2022 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan peningkatan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan pada setiap siklus. Data dari hasil pratindakan yaitu sedikit yang tuntas KKM, Pada Siklus I rerata kelas terjadi peningkatan menjadi 70,67 dengan ketuntasan klasikal 73,33%, dan di siklus II rerata kelas meningkat lagi menjadi 83,33 dengan ketuntasan klasikal 80 %. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas VI SD N 1 Trosobo tahun pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2024