Teknologi informasi telah mempercepat penyimpanan dan manajemen data serta membuat aktivitas administratif lebih efisien. Namun, banyak lembaga pemerintah, seperti kantor desa, masih menggunakan metode manual untuk menjalankan tugasnya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menyarankan untuk membangun sistem informasi pelayanan desa yang menggunakan sensasi digital. Ini terutama berlaku untuk Kantor Desa Pandanwangi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Studi ini menghasilkan solusi berbasis komputerisasi dan terstruktur yang akan memudahkan proses administrasi seperti pendataan kependudukan. Pengelolaan data yang tidak efektif adalah masalah utama yang dihadapi. Ini terutama berlaku untuk pendataan kependudukan dan prosedur surat-menyurat administratif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi sensus penduduk yang terkomputerisasi yang memungkinkan proses administrasi secara online, meningkatkan akurasi pendataan, dan memungkinkan proses pendataan yang lebih akurat. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan pendekatan Agile, yang memungkinkan pengembangan yang cepat dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai dapat dengan mudah dan akurat mendaftarkan penduduk di Kantor Desa Pandanwangi melalui sistem informasi pelayanan desa berbasis web ini. Selain itu, solusi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, memberikan manfaat langsung bagi masyarakat desa. Oleh karena itu, penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa Digital Sensus dapat menjadi langkah penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan lokal.
Copyrights © 2024