Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitaspenerapan program full day school dalam pembinaan prestasi belajar Fikih siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini berusaha menambahkan variasi dari studi terdahulu dengan cara mengkaji efektivitas penerapan full day school terhadap prestasi belajar Fikih siswa, karena pengkajian terhadap efektivitas program full day school ini juga penting untuk dilihat apakah program ini baik jika diterapkan dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Adapun desain penelitannya yaitu kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol. Teknik tes penelitian ialah berbentuk Pre-test dan Post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai reabilitas sebesar 0,550 >rtabel sebesar 0,05. Kemudian dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. yaitu 0,001 < 0,005 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa program full day school lebih efektif dalam membina prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kelas reguler. Keberhasilan pembuktian hipotesis dalam penelitian ini disebabkan karena jumlah jam pembelajaran dikelas full day lebih banyak dibandingkan kelas reguler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024