SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 6 (2023): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital Terhadap UMKM

Saifuddin Zuhri (Unknown)
Ismaya, Bambang (Unknown)
Hamidah, Emmy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

UMKM memiliki peran krusial dalam perekonomian nasional dengan menyerap tenaga kerja, meratakan distribusi hasil pembangunan, dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pemasaran melalui e-commerce memberikan peluang kepada pelaku UMKM untuk berinteraksi secara langsung dengan pembeli, yang dapat meningkatkan potensi keuntungan. Pemasaran digital telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hampir semua tahap pengambilan keputusan bisnis, mencakup proses pengembangan produk, penetapan harga, dan manajemen hubungan masyarakat. Pelatihan Digital Marketing diadakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan pemahaman masyarakat dalam melakukan pemasaran digital serta membantu mereka memperoleh sertifikasi kompetensi di bidang pemasaran digital. Pelatihan digital marketing ini membawa dampak positif yang signifikan. Pengabdian kepada masyarakat ini berhasil meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM terkait strategi pemasaran, meningkatkan keterampilan produksi dan pemasaran, serta memberikan kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Copyrights © 2023