JPLED
Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)

PERILAKU INOVATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI KOTA PADANG.

Ilmi, Fauzatul (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan dibeberapa SMK Negeri Kota Padang, terlihat bahwa perilaku inovatif guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat perilaku inovatif guru dalam proses pembelajaran yang mencakup eksplorasi ide, menghasilkan ide dan implementasi ide. Ada 3 (tiga) pertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini, yaitu: 1) seberapa baik perilaku inovatif guru  mengeksplorasi ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang; 2) seberapa baik perilaku inovatif  guru menghasilkan ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota padang; 3) seberapa baik perilaku inovatif  guru mengimplementasikan ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh guru SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 818 orang. Dengan sample 135 orang. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling yaitu dengan sistem undian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala likert tentang perilaku inovatif guru dalam proses pembelajaran yang berjumlah 30 item. Sebelum angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul di olah dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata. Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh bahwa perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dari aspek inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dalam eksplorasi ide pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut hasil penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.28 dengan TCR (85.59%) kategori baik. Perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dilihat dari menghasilkan ide dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.14 dengan TCR (82.74%) kategori baik. Inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang di lihat dari implementasi ide guru dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.19 dengan TCR (83.80%) berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa 3 indikator dari 3 sub variabel yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,20.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...