JPLED
Vol. 4 No. 2 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)

Kekuasaan Politik Identitas Terhadap Demokrasi di Indonesia

Oktaviarani, Yuni (Unknown)
Maulia, Siti Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Politik identitas telah menjadi tantangan serius bagi demokrasi dan stabilitas nasional Indonesia pasca-reformasi. Penyalahgunaan politik identitas oleh elit politik, yang sering kali memanfaatkan opini publik dan kekuasaan politik untuk kepentingan pribadi atau kelompok, mengancam proses demokratisasi yang sehat. Kegagalan dalam mengubah masyarakat menjadi lebih demokratis memungkinkan politik identitas untuk terus bertahan. Dalam konteks ini, pendidikan politik menjadi kunci untuk membentuk masyarakat yang kritis, rasional, dan partisipatif dalam proses politik. Peningkatan edukasi politik yang inklusif dan mendalam perlu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat sipil untuk memahami nilai-nilai demokrasi, mengidentifikasi manipulasi politik, dan memperjuangkan tata kelola yang baik. Dengan demikian, pendekatan pendidikan politik dapat menjadi solusi untuk mengatasi politik identitas dan memperkuat demokrasi di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...