Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kedisiplinan siswa di SMKN 9 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMKN 9 Padang dan mengkaji seberapa besar iklim sekolah mempengaruhi kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan analisa regresi linear sederhana dalam menjawab hipotesis. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner, jumlah populasinya 819 siswa, dimana teknik pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling yang disebarkan kepada 107 siswa. Iklim sekolah yang baik terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik iklim sekolah, semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan siswa di SMKN 9 Padang. Untuk meningkatkan kondusifitas iklim sekolah di SMKN 9 Padang adalah dengan cara meningkatkan inovasi. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam hal disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah adalah guru harus berperan sebagai contoh yang baik bagi para siswanya dan guru harus berusaha membiasakan siswa agar menjaga suasana yang harmonis di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024