JPLED
Vol. 4 No. 3 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)

Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMKN 9 Padang

Zahro, Yulia Mu'arrifatuz (Unknown)
Hadiyanto (Unknown)
Anisah (Unknown)
Widiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kedisiplinan siswa di SMKN 9 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMKN 9 Padang dan mengkaji seberapa besar iklim sekolah mempengaruhi kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan analisa regresi linear sederhana dalam menjawab hipotesis. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner, jumlah populasinya 819 siswa, dimana teknik pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling yang disebarkan kepada 107 siswa. Iklim sekolah yang baik terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik iklim sekolah, semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan siswa di SMKN 9 Padang. Untuk meningkatkan kondusifitas iklim sekolah di SMKN 9 Padang adalah dengan cara meningkatkan inovasi. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam hal disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah adalah guru harus berperan sebagai contoh yang baik bagi para siswanya dan guru harus berusaha membiasakan siswa agar menjaga suasana yang harmonis di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...