Hakikat pendidikan merupakan suatu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literatur tentang Hakikat anak berkebutuhan khusus dan penerapannya dalam pendidikan di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri artikel-artikel dari jurnal elektronik yaitu melalui google cendekia yang dapat memperkuat hasil analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu organizer, synthesize, dan identity. Hasil penelitian menunjukan bahwa Setiap peserta didik berhak memperoleh pelayanan dan kemajuan Pendidikan yang signifikan, terlepas dari mereka yang normal dan mereka yang memiliki keterbatasan fisisk maupun mental. Sekolah luar biasa yang didirikan untuk anak berkebutuhan khusus memberikan pembelajaran tentang berbagai hal seperti layaknya anak normal walaupun jauh dibawah orang normal, yang bertujuan agar kelak mereka tidak bergantung pada orang lain.
Copyrights © 2023