Suatu kegiatan belajar dikatakan baik apabila intensitas keaktifan jasmani maupun mental seseorang semakin tinggi, dan sebaliknya. Pendekatan disleksia-ramah melibatkan pembangunan pada apa yang diketahui tentang disleksia dan menerapkan pengetahuan itu dikelas reguler dalam pengajaran sehari-hari, dengan alasan apa yang bermanfaat anak-anak dengan disleksia, menguntungkan semua anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi Pustaka (library research). Adapun Teknik pengumpulan data yang didapat melalui studi literatur dan referensi yang ada Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur. studi literatur yang digunakan, yaitu dengan mengumpulkan daftar pustaka yang relevan, membaca, serta mengolah data yang ditemukan. Penting bagi guru untuk melakukan identifikasi kepada anak untuk menentukan apakah anak yang telah dirujuk ke tenaga professional benar-benar memerlukan penanganan lebih lanjut atau langsung dapat diberi pelayanan pendidikan khusus. Hal dilakukan untuk menghindari kesalahan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Selain itu, perlu dilakukan upaya-upaya dalam membimbing serta memberikan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Hal yang harus dilakukan yaitu guru harus membuat ruang belajar yang nyaman, mempersiapkan pembelajaran dengan baik, bersikap baik, positif, dan selalu bersabar dalam menghadapi anak. selain bantulah anak untuk mengasah keterampilan yang dimilikinya dan ajaklah anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif.
Copyrights © 2023