Latar belakang penelitian ini adalah untuk pelayanan mengetahui pendidikan dan bimbingan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan pontesi siswa tunagrahita secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam layanan pendidikan dan bimbingan guru dalam pembelajaran yaitu dengan merancang pembelajaran selama satu tahun, kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum merdeka, kegiatan pembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan siswa tiap fase, pemberian pembelajaran bina diri dan pengembangan diri, program khusus bagi siswa tunagrahita, dan penilaian guru secara objektif. Terdapat kendala yang dialami oleh guru dan kesulitan yang dialami oleh siswa tunagrahita yaitu suasana kelas yang tidak kondusif, kesulitan siswa dalam menulis. Dalam mengatasi permaslahan tersebut dilakukan dengan mengdakan icebreaking sebelum pembelajaran dan penggunaan media kartu kata bergambar dalam membantu siswa tnagrahita dalam menulis.
Copyrights © 2024