Tujuan penelitian adalah meningkatkan literasi membaca siswa dalam kegiatan implementasi program kampus mengajar angkatan 5 dengan program kerja yaitu program kelas membaca, program klub membaca, program cerita dari siswa dan program pembuatan majalah dinding di kelas V SDK Watumite Kabupaten Ende. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, objek penelitian adalah kemampuan literasi membaca pada siswa kelas V SDK Watumite.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan program kampus mengajar dengan pencapaian ketuntasan pada aspek kelancaran dalam membaca 41%, aspek membaca dengan intonasi yang baik 41%, aspek membaca kalimat dengan lafal yang baik 30% dan pada aspek membaca dengan suara jekas 30% pada siklus I berada pada 68,7% kategori cukup. Sedangkan pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada aspek kelancaran dalam membaca 55%, aspek membaca dengan intonasi yang baik 56%, aspek membaca kalimat dengan lafal yang baik 75% dan aspek membaca dengan suara jelas 76% pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada 93,7% kategori baik sekali. Berdasarkan data tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan mengimplementasikan program kampus mengajar dapat meningkatkan kemampuan literasi bagi siswa kelas V SDK Watumite Kabupaten Ende mengalami peningkatan.
Copyrights © 2024