Jurnal Citra Magang dan Persekolahan
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Citra Magang dan Persekolahan

PENDAMPINGAN KEGIATAN PEMANFAATAN TAMAN BACA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SDK BEJO

Oli, Maria Anjelina (Unknown)
Ngura, Elisabeth Tantiana (Unknown)
Laksana, Dek Ngurah Laba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pendampingan kegiatan pemanfaatan taman baca di SDK Bejo dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain kegiatan deskriptif dan pendekatan studi kasus. Kegiatan ini melibatkan taman baca sekolah sebagai objek kegiatan pendampingan, dengan subjek siswa, guru, dan kepala sekolah sebagai informan. Data primer dikumpulkan melalui observasi lapangan dan demonstrasi. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa upaya sekolah dalam menanamkan budaya literasi siswa melibatkan penyuluhan Gerakan Literasi, pembiasaan berkunjung ke taman baca sekolah, serta penyelenggaraan program dan kegiatan literasi seperti membaca, menari, storytelling, dan memahami budaya. Penyuluhan Gerakan Literasi diawali dengan penyuluhan yang membahas signifikansi Gerakan Literasi, melibatkan guru, siswa, orangtua, dan mahasiswa kampus mengajar. Pembiasaan berkunjung ke taman baca sekolah dilakukan secara rutin, memberikan siswa kebebasan memilih buku sesuai minat dan meningkatkan minat baca. Program dan kegiatan literasi mencakup membaca, menari, storytelling, dan pemahaman budaya alam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Citra Magang dan Persekolahan (JCMP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, alamat : Jalan Trans Bajawa-Ende, Malanuza, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Jurnal ini mempunyai ruang lingkup hasil kajian tentang ...