Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Pontianak

Khotimah, Khusnul (Unknown)
Sulistyarini, Sulistyarini (Unknown)
Adlika, Nur Meily (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas X geografi IPS SMA Negeri 3 Pontianak dipengaruhi oleh penggunaan bahan ajar wordwall. Metode penelitian Nonequivalent Control Group Design (Quasi Experiment Design) digunakan dalam penelitian ini. Purposive sampling digunakan untuk memilih kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol sebagai sampel. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Lembar tes, lembar observasi, dan lembar dokumentasi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Uji t sampel independen dan uji statistik parametrik digunakan untuk menguji hasil belajar siswa. Diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,31 0,05 pada penelitian ini yang menunjukkan bahwa siswa yang memanfaatkan media pembelajaran Google Form dan media pembelajaran wordwall memiliki hasil belajar yang berbeda. Dengan effect size 0,44, maka dampak media pembelajaran wordwall masuk dalam kategori pengaruh sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...