Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran di luar ruangan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi langkah-langkah Penelitian geografi di kelas X IPS SMA Labschool Cibubur. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Kelas X IPS 1 berperan sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 berperan sebagai kelas eksperimen. Penelitian di kedua kelas dilakukan dengan melibatkan guru geografi sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan pre-test dan post-test serta observasi selama masa penelitian. Teknik analisis data melibatkan metode statistik deskriptif dan inferensial menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari perbedaan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning berbasis outdoor study memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada materi Langkah-langkah Penelitian Geografi. Lebih lanjut, analisis Uji N-Gain menunjukkan bahwa pengaruh dari model pembelajaran ini berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2024