Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas 5 SDN Bidaracina 05 mengenai mitigasi bencana banjir menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental design jenis pre-test and post-test one group design. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretest dan posttest serta observasi pada siswa kelas 5 sebanyak 57 siswa, sehingga pengumpulan sampel yang digunakan ialah sensus atau jenuh yang merupakan populasi pada penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif deskriptif dengan uji N-gain untuk mengetahui apakah ada peningkatan pengetahuan serta tingkat efektivitas bermain peran dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yaitu 57,2 dan rata-rata nilai posttest sebesar 84,7 sehingga menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan perhitungan N-gain dari nilai pretest dan postest seluruh siswa tersebut menunjukkan hasil sebesar 0,6898 yang masuk pada kategori sedang, artinya bermain peran cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana banjir pada siswa kelas 5 SD di SDN Bidaracina 05.
Copyrights © 2024