Journal of Literature Language and Academic Studies (J-LLANS)
Vol. 3 No. 01 (2024)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SDN Semper Barat 05 Pagi

Nirwaningtyas, Fitria (Unknown)
Yanti , Prima Gusti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kendala yang ditemukan oleh pengamat sekaligus guru di kelas. Hambatan yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan dalam menulis cerita pendek. Guru dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dan mampu mengekspresikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan dengan memanfaatkan media pendukung, yakni penggunaan gambar seri sebagai media. Pada studi ini langkah pelaksanaan dilaksanakan dengan menggunakan tes atau hasil evaluasi pada akhir pertemuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan hasil apakah ada peningkatkan keterampilan menulis siswa dengan memanfaatkan media gambar seri pada siswa. Siswa kelas IV SDN Semper Barat 05 Pagi yang dengan jumlah 22 siswa menjadi subyek studi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus. Nilai standar siswa pada fase I sebesar 70,5 dan pada fase II sebesar 85dengan indicator keberhasilan yang ditetapkan adalah 75. Siswa yang berhasil mencapai nilai yang sudah ditentukan pada fase I sebanyak 14 siswa dan yang belum berhasil sebanyak 8 orang, pada fase II seluruh peserta didik berhasil mencapai nilai . Dari hasil yang didapatkan pad fase I dan fase II yaitu 70,5 menjadi 85 maka terjadi peningkatan sebanyak 15%. Sehingga dapat dikatakan yakni dalam proses belajar-mengajar terjadi peningkatan yang cukup signifikan sehingga penelitian ini dapat disimpulkan berhasil. Dari hasil pelaksanaan perbaikan yang dilakukan dapat diambil hasilnya bahwa memanfaatkan media gambar seri pada pembelajaran Bahasa Indonesia sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-LLANS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Literature Language and Academic Studies is open Journal to the public, researchers, academics, practitioners and observers in the field of Cultural Studies. This journal is a publication that contains research results, development of innovative and relevant research and related ...