Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Retti, Sufia (Unknown)
Ernis, Poni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kontribusi disiplin dan motivasibelajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 128 siswa dan sampel berjumlah 32 siswa siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara penentuan kelas (Cluster sample). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Data Disiplin dan Motivasi Belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil analisis data menunjukkan: (1) disiplin memberikan kontribusi sebesar 31,7% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota; (2) motivasi Belajar memberikan kontribusi sebesar 14,4% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota; (3) disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 96,4% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpulan, disiplin dan motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, semakin tinggi disiplin dan motivasi belajar, maka hasil belajar Bahasa Indonesia siswa akan semakin meningkat. Kata Kunci: disiplin, hasil belajar, motivasi belajar

Copyrights © 2023