Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis cerpen setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match kelas X SMA N 2Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dengan sabjek penelitian siswa kelas X.2 yang berjumlah 22 orang, karena 3 orang diantaranya tidak hadir dalam tiap kali pertemuan dianggap gagal. Jadi tersisa 19 orang. Penggumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembaran observasi dan tes unjuk kerja.Analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran koopetarif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 2 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Dilihat dari pada awalnya (Prasiklus) hanya mencapai rata-rata 48,3 dengan kualifikasi hampir cukup. Pada siklus 1 mencapai rata-rata 70 dengan kualifikasi lebih dari cukup, kemudian dilakukan siklus 2 dengan rata-rata 81 dengan kualifikasi baik. Simpulan, keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mate a match dapat meningkat. Kata Kunci: Menulis Cerpen, Model Kooperatif, Tipe Make a Match
Copyrights © 2023