Sistem informasi akademik memainkan peran penting dalam mendukung aktivitas pendidikan di perguruan tinggi. Namun, banyak sistem yang ada saat ini menghadapi masalah antarmuka pengguna (user interface) yang tidak intuitif, yang menyebabkan kesulitan navigasi dan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka pengguna sistem informasi akademik menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada pendekatan berpusat pada pengguna.Proses penelitian melibatkan lima tahap utama: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Tahap empati dilakukan dengan mengumpulkan data dari 150 pengguna sistem untuk memahami kebutuhan dan permasalahan mereka. Selanjutnya, permasalahan didefinisikan dan solusi inovatif dihasilkan melalui sesi brainstorming pada tahap ideasi. Prototipe antarmuka baru kemudian dikembangkan dan diuji oleh pengguna untuk mendapatkan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepuasan dan efisiensi pengguna. Desain baru berhasil meningkatkan kemudahan navigasi, estetika, dan kinerja sistem. Dengan rata-rata kepuasan pengguna meningkat sebesar 50%, penelitian ini membuktikan bahwa Design Thinking adalah pendekatan yang efektif untuk menciptakan solusi desain antarmuka yang lebih baik dan relevan. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan sistem informasi akademik mereka.
Copyrights © 2024